Kenali Apa Saja 14 Mitos Seputar Jerawat dan Fakta Dibaliknya

Jerawat. Tentu sangat mengganggu jika bertengger di wajah kita hingga berhari-hari, berminggu-minggu dan menahun. Jerawat, setiap orang pasti pernah memilikinya. Ini karena jerawat merupakan produk dari produksi hormon dan minyak di bawah kulit. Namun, apa saja kah yang bisa dikategorikan sebagai mitos dan fakta dalam dunia per-jerawat-an?

Bukan cuma masalah ranjang saja ya, yang menyimpan seputar mitos seksual di baliknya, jerawat pun dikelilingi pernyataan-pernyataan yang serupa. Berikut adalah mitos-mitos seputar jerawat dan fakta sebenarnya yang harus diketahui bersama.

Mitos #1 Kotoran yang menempel di kulit wajah menyebabkan jerawat, karena itu sering-seringlah cuci muka
Fakta : Penyebab jerawat bukan kotorannya, tetapi hormon dan minyak yang berasal dari kelenjar minyak dan tersumbat kotoran sehingga menyebabkan jerawat. Selain itu, terlalu sering mencuci muka, apalagi dengan ‘gaya’ yang kasar akan memperparah kondisi jerawat.

Mitos #2 Manisnya cokelat dan french fries hangat penyebab jerawat tumbuh liar di muka
Fakta : Kandungan zat dan minyak di dalam makanan seperti cokelat atau French fries tidak ada hubungannya dengan minyak yang menyumbat pori-pori wajah.

Mitos #3 Hubungan seksual dan masturbasi menyebabkan jerawat
Fakta : Terus saja menikmati hubungan seksual Anda, karena tidak ada hubungannya sekali dengan jumlah jerawat di wajah yang semakin banyak. Ini mitos yang muncul sekitar abad 17 untuk menurunkan angka kelahiran di luar nikah.

Mitos #4 Masa remaja usai, maka bebas tanpa jerawat. Bye bye jerawat...
Fakta : Wait, tunggu dulu, jerawat bisa muncul di wajah pada pria dan wanita hingga usia 30 – 40 tahun

Mitos #5 Jerawat hanya muncul di wajah
Fakta : Apakah betul jerawat hanya muncul di permukaan wajah manusia? Nyatanya jerawat bisa muncul di seluruh bagian tubuh manusia.

Mitos #6 Berjemur bisa melenyapkan jerawat
Fakta : Berjemur hanya akan menyamarkan keberadaan jerawat, bukan menghilangkan. Justru berjemur akan memperparah kondisi jerawat karena kulit jadi kering sehingga merangsang kelenjar minyak makin aktif menghasilkan minyak. Dan jerawat pun tak dapat dihindari.

Mitos #7 Memencet jerawat merupakan cara paling cepat untuk menghilangkan jerawat
Fakta : Kondisi jerawat akan makin parah karena terdorong semakin ke dalam kulit, dan potensial meninggalkan acne scar atau lubang bekas jerawat.

Mitos #8 Jerawat bisa sembuh dengan sendirinya
Fakta : Apa jerawat bisa menghilang sendiri? Bisa sembuh sendiri? Pertanyaan seperti ini cukup menggelitik Admin. Berharap jerawat sembuh dengan sendirinya sama saja menggantungkan nasib pada dua sisi mata uang, tidak pasti dan bisa jadi makin parah. Anda dapat mengharapkan penyembuhan jerawat lewat perawatan yang tepat.

Mitos #9 Semua jenis pengobatan jerawat sama saja
Fakta : Pengobatan jerawat tidak lah sama, melainkan disesuaikan dengan kondisi kulit, tipe kulit, penyebab jerawat dan tingkat keparahan jerawat yang mendera seseorang.

Mitos #10 Jerawat bisa menular
Fakta : Ada-ada saja mitos semacam ini. Jerawat, meskipun bisa dikategorikan sebagai penyakit kulit, tapi bukanlah suatu penyakit yang menular. Tetapi disebabkan oleh pengaruh hormonal dalam diri kita sendiri.

Mitos #11 Jerawat tidak bisa dikontrol
Fakta : Sebenarnya dengan perawatan kulit wajah yang tepat, Anda bisa mengendalikan jerawat, bukan malah sebaliknya.

Mitos #12 Kalau jerawat tidak sembuh dalam 1 atau 2 hari, berarti perawatannya tidak berhasil
Fakta : Setiap pengobatan tentu butuh waktu, begitu pula dengan pengobatan jerawat pada wajah. Selain membutuhkan waktu, membutuhkan pula ketelatenan dan kedisiplinan dalam menjalaninya.

Mitos #13 Stress menyebabkan jerawat?
Fakta : Benar, agaknya mitos ini memang benar adanya. Stress mempengaruhi hormon dan memicu timbulnya jerawat. Gawatnya lagi, obat penghilang stress kadang berefek samping menimbulkan jerawat.

Mitos #14 Rambut berminyak menyebabkan jerawat
Fakta : Mitos ini ada benar, ada pula kelirunya. Sebenarnya rambut berminyak bisa menyebabkan jerawat apabila menutupi bagian wajah sehingga menghalangi keluarnya minyak di kulit dan akhirnya menyebabkan jerawat.

Nah, diatas adalah 14 seputar mitos jerawat dan fakta yang biasanya terdengar di seputar kita. Sebaiknya kita harus selalu waspada dan tidak terlalu mempercayai mitos yang beredar sebelum memeriksa kebenarannya. Semoga bermanfaat sobat!

Back To Top